Macam-Macam Dribble Dalam Bola Basket Lengkap Penjelasan + Gambar

Macam dan Cara Melatih Dribble Dalam Bola Basket - Teknik Dasar Bola Basket yang juga perlu dilatih selain Passing dan Shooting adalah cara menggiring bola atau Dribble. Dribble Dalam Bola Basket adalah usaha untuk membawa bola dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan memakai satu tangan. Agar dapat melakukan Dribble dengan baik maka anda harus mengetahui apa saja yang berhubungan dengan Dribble Dalam Bola Basket. Prinsip dalam mengajarkan teknik dribble antara lain:
  • Kontrol pada Jari-Jari Tangan
  • Mempertahankan Tubuh Tetap Rendah
  • Kepala Tegak
  • Melatih Tangan yang Lain
  • Pemain perlu untuk belajar dribble menggunakan tangan yan lain.
  • Lindungi Bola

 
 Latihan dasar dalam melakukan dribble
  • Letakkan tangan kanan di atas bola dan tangan kiri sebagai tempat terletaknya bola. Pegang bola dengan rileks. 
  • Posisikan kaki kiri sedikit di depan kaki kanan.
  • Condongkan badan ke depan.
  • Pantulkan bola dengan tangan kanan. Jika masih terasa sulit untuk menatap area lawan ketika melakukan dribble, maka mata boleh melihat ritme pantulan bola terlebih dahulu dan jika sudah terbiasa, mulailah menatap ke depan tanpa melihat bola.
  • Gerakkan lengan sepenuhnya untuk memantulkan bola ke lantai.
  • Pantulkan bola menggunakan jari yang dibantu dengan pergelangan tangan.
  • Mulailah bergerak maju ketika sudah mulai terbiasa dengan ritme pantulan bola.
  • Usahakan melakukan dribble dengan cepat namun tidak perlu tergesa – gesa melakukannya.
Latihan dasar melakukan dribble membantu pemain dalam menciptakan gerakan dribble yang berkualitas. Hal ini berguna untuk mendukung terciptanya angka dalam permainan.
 
 


 
Macam-Macam Dribble yaitu : 

 
Change of pace dribble -Seiring dengan permainan bola basket, teknik dribbling juga harus disesuaikan dengan kondisinya, sehingga bola dapat dikuasai dan dipertahankan. Change of pace dribble adalah yang paling umum dalam bola basket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berpikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble.
 
Low or control dribble - Dribble ini dilakukan setisp kali pemain dijaga ketat. Tipe dribble ini hanyalah menjaga bola tetap rendah dan terkontrol. Bola didribble di sisi tubuh, jauh dari pemain bertahan. Telapak tangan mendrible dijaga tetap diatas bola. 
 
High or speed dribble 
 
 
Ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya denganbola, maka ia akan menggunakan dribble ini. Ketika berlari dengan cepat, pemain akan mendorong bola di depannya dan membiarkannya melambung ke atas setinggi pinggulnya. Tangan yang mendribble tidak berada di atas bola melainkan di belakang bola. Pemain harus berusaha untuk berlari secepat mungkin tapi tidak terlepas dari bola. Menurut saya, untuk latihan pada dribble ini cukup sulit karena membutuhkan stamina yang cukup banyak, apa lagi jika anda di dalam pertandingan.
 
 
 
Crossover dribble 
 
Yaitu mendribble bola dengan memindahkan bola dari tangan yang satu kearah tangannya yang lain. Gerakan ini sangat bagus untuk memperdaya pemain bertahan. Namun bola bisa dicuri bila tidak dilakukan dengan baik, karena bola tidak terjaga.Crossover move juga sangat inisiatif jika kita dalam keadaan offense (menyerang) karena dapat menipu lawan jika kita telah menguasai Crossover ini secara utuh. Adapun efek yang berdampak pada lawan jika kita berhasil mengelabuinya dengan crossover, yaitu Ankle Break. Ankle Break merupakan dampak yang dihasilkan dari crossover lawan jika berhasil mengelabui lawan.
 
 
Behind the back dribble 



Jenis dribble ini digunakan ketika pemain mengganti arah supaya terbebas dari pemain bertahan. Bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh yang lain dengan mengayunkannya di belakang tubuh.Anda harus mengenal irama dari setiap pantulan saat dribble. Jika tidak, bola akan lepas dari irama dribble anda. Jika anda sudah mendapatkan irama dribble anda, maka cobalah melakukan behind the back dribble tanpa melihat bola. Seringlah berlatih bersama teman anda dan cobalah sekali-kali untuk melakukan one-on-one.

 
Between the legs dribble 
 
 
Adalah cara dribble yang cepat untuk memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain melewati sela dari kedua kaki. Dribble ini digunakan ketika pemain yang melakukan dribble dijaga dengan ketat atau ketika ingin mengganti arah dribble.
 
 
Reverse dribble 
 
 
Dribble ini dikenal juga dengan nama spin dribble atau rol dribble. Dribble ini dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain ketika dijaga dengan ketat. Dribble ini harus dilakukan dengan cepat saat pen-dribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan.Menurut saya, latihan untuk dribble ini harus penuh konsentrasi agar dapat menguasai program ini sepenuhnya.


Adapun manfaat dribble pada bola basket antara lain adalah:
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam melakukan dribble antara lain:
  • Menyiapkan penyerangan ke arah lawan 
  • Membuka peluang dalam melakukan penembakan
  • Menembus penjagaan ke ring lawan
  • Lebih cepat menuju ke keranjang lawan
  • Mengacaukan pertahanan lawan
  • Memindahkan bola saat si penerima sedang dalam penjagaan
  • Memperbaiki posisi sebelum mengoper
Dalam permainan bola basket, menggiring bola dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu menggiring bola rendah dan menggring bola tinggi. Menggiring bola rendah berfungsi untuk menghindarkan bola dari lawan sementara menggring bola tinggi dilakukan ketika ingin melakukan penyerangan secara cepat ke arah lawan.


Penelusuran yang terkait dengan Macam-Macam Dribble Dalam Bola Basket

0 Response to "Macam-Macam Dribble Dalam Bola Basket Lengkap Penjelasan + Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel