Macam-macam Smash Bola Voli dan Penjelasannya Lengkap

Smash dalam bola voli adalah senjata paling mematikan untuk membunuh lawan. Seorang smasher yang akan melakukan smash harus melalui 4 rangkaian gerakan dalam melakukan smash yaitu run up, take off, hitt dan landing.
 
 Bola voli sudah menjadi olahraga yang populer di kalangan remaja saat ini. banyak para pelajar dan pemuda juga berusaha untuk menghasilkan prestasi dari cabang olahraga permainan bola besar ini yaitu bola voli. Sebagai penggemar bola voli atau hobi dalam olahraga ini pasti yang menjadi topik bahasan yang paling populer adalah agar bisa menghasilkan smash sekeras mungkin dan menjadi pemain bola voli yang handal.
Tapi tahukah kalian apa itu smash? Ada berapakah macam-macam smash? Dan apa saja? Smash adalah usaha yang dilakukan oleh pemain secara keras dan cepat yang bertujuan agar bola tidak dapat dibendung lawan dan masuk ke daerah lawan, sehingga mendapatkan poin. Ada banyak macam smash di dalam bola voli, berikut adalah macam-macam smash bola voli beserta penjelasannya:
 
 

1. Open

Open Smash adalah smash yang di lakukan dengan bola - bola tinggi atau membuka. Pemukul melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan tertinggi.

2. Semi Smash

Semi Smash adalah jenis smash/spike yang di lakukan dengan bola - bola tanggung. Setelah bola lepas dipasing kearah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan kedepan dengan langkah tetap menuju kearah pengumpan. Begitu pengumpan menyajikan bola dengan ketinggian 1m  ditepi atas net maka secepatnya pemukul meloncat keatas dan memukul bola. Disini kecepatan gerak harus lebih cepat dari pada smash dengan bola Open.
 
Caranya, Setelah bola lepas di passing ke arah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan ke depan dengan langkah tetap menuju ke arah pengumpan. Pemukul ini memiliki kemampuan lebih lengkap dalam menyerang maupun bertahan, memiliki kemampuan tinggi mengolah bola semi ( tanggung ). Seorang all round biasanya menyerang diposisi 2 (kanan-depan) tetapi pemain ini menyerang diberbagai posisi.
 

3. Quick

Bola QUick adalah bola favorit pemain yang memiliki kecepatan dan stamina tinggi. Bola quick ini agak sulit ditebak datangnya, karena gerakan pemain dan setter yang cepat dan tiba-tiba, sehingga dibutuhkan ketepatan dan konsentrasi dalam mengantisipasinya.
Cara melakukannya yaitu, Begitu melihat bola passing ke pengumpan, maka pemukul melakukan awalan secepat mungkin dengan langkah yang panjang. Timing meloncat sebelum bola diumpan dengan jarak satu bola diatas net, begitu bola didorong. Quicker menyerang dengan bola-bola cepat dan tidak tinggi (0 – 0,5 meter diatas net ). Biasanya seorang quicker adalah orang yang paling tinggi di tim tersebut karena bertugas sebagai center block juga.

Di Indonesia contoh quicker diantaranya : Yolla Yuliana, Wilda Siti Nurfadillah, Agustin Wulandari di bagian putri, sementara ada nama legendaris Joni Sugiyatno, Affan priyo Wicaksono, I Putu Randu, serta si Raja Tarkam Ramli Gebot Mukodar
 

4. Drive

Drive Smash jenis smash yang di lakukan dengan bola - bola dorong. Smash ini biasanya digunakan oleh pemain untuk bola jauh dari net, saat meloncat smasher agak dekat dibawah bola, berbeda dengan saat meloncat pada smash normal. Bola yang akan di smash terletak diatas kanan bahu lengan pemukul. Gerak lecutan tangan dari depan atas badan diputarkan kearah yang berlawanan dengan arah jarum jam, telapak tangan membentuk cekungan seperti sendok. Cambukan keras, perkenaan bola dibagian belakang kearah bagian muka dengan telapak tangan, aktifkan gerakan pergelangan tangan . Gerakan cambukan harus dibantu oleh otot² perut, samping dan bahu. Akibat cambukan kurve jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net, bola bergerak dengan cepat dan tajam.

5. Dummy

Dummy adalah Jenis smash tipuan. Pemain melakukan gerakan sama pada waktu akan melakukan smash. saat kontak dengan bola, bola hanya disentuh dengan jari tangan. Lengan pemukul tetap bergerak dan bola diarahkan kearah daerah yang tidak terjaga menggunakan jari tangan. Bola dapat dilambungkan pendek atau panjang sesuai kondisi atau situasi.

6. Straight

Smasher sebelum melakukan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak kearah luar lapangan mendekati tiang net, smasher melakukan awalan bergerak arah paralel  dengan jaring. Begitu bola sampai dibatas tepi jaring dengan ketinggian optimal bola, segeralah melompat dan langsung memukul secepatnya. Proses menjalankan teknik ini lebih cepat dibandingkan smash dengan bola semi.

7. Back Attack

Back Attack adalah jenis smash yang di lakukan di area belakang garis serang. Pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang pada saat tolakan tidak boleh menginjak atau melewati garis serang, tetapi pada saat mendarat boleh saja jatuh didalam garis serang.

8. Kijang

Biasanya setter mengumpan bola ke belakang hanya sedikit diatas kepalanya, pemukul biasanya berlari dari arah depan setter ke belakang untuk menjemput bola yang diumpankan, lalu melakukan langkah panjang dan naik dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan tangan kiri. gerakannya mirip seperti bola quick, namun arahnya umpan di belakang setter.

9. Step L

Smash ini hanya berbeda pada gerakan awalannya dari smash normal. Pemukul melangkah kedepan lalu kesamping dan baru setelah itu melompat untuk melakukan smash.

10. Double Step

Smash dengan menggunakan gerak tipu, disini pemukul melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat. Tolakan pertama hanya berupa tipuan untuk mengecoh block, baru pada tolakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan.
 
 
 

Smash bola voli menurut arah bola 

  1. Smash silang / cross spike
  2. Smash lurus / Staright spike

Smash bola voli menurut macam set-up / umpan

  1. Open Smash / smash normal
  2. Semi smash
  3. Quick smash / biasanya orang menyebutnya smash pool
  4. Push smash / smash dengan umpan dorongan cepat 
  5. Pool Straight smash

Smash Menurut Kurve Bola

  1. Drive Smash
  2. Top Spin Smash
  3. Lob Smash

Smash Menurut awalannya

  1. Smash tanpa awalan
  2. Smash dengan awalan
  3. Smash dengan satu kaki
  4. Smash dengan dua kaki
 
 
Itulah pembagian macam-macam smash bola voli berdasarkan beberapa aspeknya, jadi anda lebih paham mengenai semua seluk beluk smash, biasanya seorang smasher mempunyai kriteria yang berbeda, tergantung cenderung lebih mana smash yang paling dikuasinya. itu bisa anda latih sebaik mungkin agar maksimal, dalam formasi permainan pun juga dikolaborasi dengan type smasher yang berbeda agar kombinasi atau variasi ketika melakukan smash bisa berjalan dengan baik. sampai jumpa dilain kesempatan dalam bahasan permainan bola voli, semoga bermanfaat. terimakasih 
 
 

0 Response to "Macam-macam Smash Bola Voli dan Penjelasannya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel