Pengertian dan Macam-macam Teknik Passing Bola Basket

Basket adalah permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan setiap tim terdiri dari lima orang. Dalam satu pertandingan dilakukan dalam 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan basket, setiap pemain harus mampu menguasai teknik-teknik basket dengan baik. Terutama teknik passing.

passing mekanik di basket adalah teknik yang dilakukan untuk memberi umpan bola basket ke teman satu timnya. Passing biasanya dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan. Berikut adalah beberapa macam teknik passing dalam bola basket::


1. Chest pass (operan dada)


Chest pass adalah gerakan passing atau mengoper bola kepada rekan satu tim, yang dilakukan dengan cara mengangkat bola didepan dada lalu mendorong bola dengan kuat. Jenis operan ini merupakan jenis passing yang sangat cocok dan efektif dilakukan ketika tidak ada lawan yang menghalangi diantara pengoper/ pemberi bola dan penerima bola karena passing yang dilakukan sangat cepat dan tepat sasaran.

Cara Melakukan Chest Pass Dalam Bola Basket
Chest pas tidak dilakukan secara sembarang atau tanpa teknik. Dalam melakukan operan dada ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar operan tepat jatuh ke sasaran yaitu teman. Berikut langkah-langkah melakukan Chest Pass dalam bola basket:
  1. Pegang bola dengan kedua tangan ditahan ke depan  dada dan ujung jari kedua tangan 
  2. Posisikan ibu jari di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar kea rah sisi bola
  3. Posisikan siku dekat dengan tubuh
  4. Letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang
  5. Pindahkan berat badan ke depan saat melangkah untuk mengoper bola
  6. Luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah sehingga tangan lurus pada saat melakukan tolakan, akhiri dengan sentakan pergelangan tangan
  7. Pandangkan mata ke arah bola yang dilempar dan arah bola lurus ke depan
 


2. Bounce pass

Bounce pass adalah gerakan passing atau mengoper bola dengan cara memantulkan bola ke lantai. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengecoh atau menghindari lawan yang akan menghalang-halangi atau merebut bola tersebut. Bounce pass biasa dilakukan ketika ada lawan yang menghadang diantara pengoper dan penerima bola.

Teknik-Teknik Dasar Melakukan Bounce Passing DalamBasket
Untuk melakukan bounce passing di perlukan beberapa pemahaman teknik agar operan dapat di lakukan dengan baik dan bola dapat mendarat di tangan teman. Untuk melakukan bounce passing berikut beberapa teknik-teknik dasarnya:
  1. Sikap badan tegak lurus 
  2. Siku ditekuk di samping badan dan posisikan bola di depan badan
  3. Salah satu kaki maju ke depan
  4. Lutut ditekuk, tumpukan berat badan di antara dua kaki
  5. Condongkan badan ke depan, tubuh rilex agar mendapat keseimbangan
  6. Dorong bola ke arah lantai dengan sasaran ¼ dari sasaran
  7. Lemparan bola di awali dengan sedikit menarik bola ke arah dada untuk mendapatkan awalan di akhir dengan lecutan pergelangan tangan dengan telapak tangan menghadap ke luar.




3. Overhead pass




Overead pass adalah passing yang dilakukan dengan cara memegang bola diatas kepala, kemudian melemparkannya ke rekan setim yang tidak dijaga dengan ketat oleh lawan. Operan jenis ini bertujuan untuk menghindari sambaran lawan yang berada tepat didepan pemain. Gerakan ini umumnya dilakukan ketika pengoper dan rekan setimnya memiliki postur lebih tinggi dari lawan yang sedang menghadang/ menjaga.


Teknik Dasar Melakukan Over Head Pass
Dalam pelaksanaan over head pass di mulai dengan meposisikan badan seimbang. Kemudian pegang bola di atas kepala dengan siku yang yang mengarah kedalam membentuk sudut 90 derajat. Ketika melakukan over head pass, jangan membawa bola ke belakang kepala karena akan menyulitkan pengoperan bola dengan dan akan mudah dicuri oleh lawan. Langkahkan kaki ke depan sasaran. Gunakan kekuatan maksimal dengan tumpuan kaki lalu oper bola dengan cepat. Saat melakukan gerakan lecutan buat jari mengarah ke sasaran dan telapak tangan arahkan ke bawah.
Adapun teknik dasar melakukan over head pass yang sederhana adalh sebagai berikut:
  1. Pegang bola dengan posisi permulaan bola di atas kepala sedikit di depan dahi dan siku menekuk 
  2. Lemparkan bola dengan lekukan pergelangan tangan yang arahnya sedikit menyerong ke bawah disertai dengan meluruskan lengan
  3. Lepaskan bola dari tangan mengguakan jentikan ujung jari tangan




4. Baseball pass

Baseball pass adalah teknik passing jarak jauh yang dilakukan menggunakan satu tangan. Operan ini kurang akurat ketika dilempar ke arah yang di tuju (teman satu tim), tapi operan ini bisa digunakan untuk serangan balik cepat ketika pemain lawan belum kembali ke daerah pertahanannya.
Cara Melakukan Baseball Pass Dalam Bola Basket YangBenar
Ada teknik-teknik tertentu yang perlu diketahui dan di kuasai seorang pemain basket mengenai bagaimana cara melakukan baseball pass yang benar. Berikut adalah cara-cara melakukan baseball pass menurut standar permainan bola basket: 
  1. Posisi Badan Siap dengan salah satu kaki maju ke depan dan bola dipegang dengan satu tangan. 
  2. Untuk awalan, bola dipegang oleh tangan yang lainnya, tepatnya yang tidak mengoper bola 
  3. Pindahkan berat badan ke belakang kemudian arahkan bola dengan menggunakan ke dua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar bola. 
  4. Ketika akan melakukan operan bola, tangan yang melakukan operan mengayun ke depan atas 
  5. Lepaskan bola ketika tangan lurus ke depan.




5. Back pass

Permainan bola basket merupakan olahraga yang memerlukan kerja sama tim. Untuk dapat melakukan kerja sama tim yang baik, pemain harus dapat mengalirkan bola ke rekan satu tim dengan baik. Untuk dapat mengalirkan bola, pemain bola basket harus menguasai salah satu teknk dasar. Teknik dasar tersebut adalah teknik passing. Teknik passing dalam permainan bola basket adalah gerakan memberikan bola ke arah teman satu tim dengan berbagai teknik tertentu. Dalam permaian bola basket, teknik passing terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah back pass.

Back pass adalah gerakan mengoper bola yang dilakukan dari belakang. Teknik back pass dilakukan kepada teman yang berada dekat dengan pemberi bola. Untuk melakukan back pass, setiap pemain harus memiliki pengertian dan koordinasi antar pemain yang baik.



Back Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Saat melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan satu tangan yang berada tepat di belakang punggung. Saat melemparkan bola ke teman tim, di lakukan dengan cepat. Ada al yang perlu diperhatikan juga mengenai teman yang akan di jadikan sasaran untuk menangkap bola, tepatnya adalah teman yang posisinya dekat dan siap menerima bola.

Saat melakukan Back Pass perlu di lakukan ketika lawan sedang tidak konsentrasi, ini akan menjadi peluang untuk berhasil. Pemain juga harus memciptakan koordinasi yang baik denganteman satu tim, di mana ini akan mengurangi resiko gagal, yaitu pemain yang melakukan back pass sudah memiliki aba aba untuk teman sasarannya.


Demikian pengertian tentang passing bola basket dan macam-macam nya, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar tentang bola basket.


Penelusuran yang terkait dengan Macam-macam Teknik Passing Bola Basket

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Teknik Passing Bola Basket"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel