Pengertian | Macam macam posisi pemain Bola Voli + Penjelasannya

Bola voli (bahasa Inggris: volleyball) adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Untuk mendapatkan poin pain harus bisa menjatuhkan bola ke daerah lawan atau bisa mendapatkan poin jika lawan melakukan kesalahan yaitu mengeluarkan bola dari lapangan.

Tetapi mungkin untuk pemain non-profesional hanya akan mendengar istilah tosser atau smasher. Bahkan, tidak hanya itu istilah dalam bola voli tetapi ada banyak lagi. Contoh nama-nama posisi pemain  voli . Mengetahui nama-nama posisi pemain bola voli juga cukup penting bagi mereka yang ingin menjelajahi permainan bola voli. Jadi dalam artikel ini saya akan menjelaskan nama-nama pemain bola voli dan tugas-tugas mereka.




Berikut keterangan berdasarkan gambar diatas
1. Server
2. Spiker/smasher
3. Tosser/set-upper
4. Spiker/smasher
5. Defender/libero
6. Defender/libero


Untuk penjelasan nama-nama posisi pemain bola voli simak kelanjutannya dibawah ini!


1. Server



Server adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan servis. Setelah melakukan servis pemain ini juga akan bertugas sebagai defender/libero. Servis ialah penyajian bola pertama saat permainan dimulai.pada posisi ini setiap pemain akan bergantian melakukan servis. Setelah itu sang pemain kembali lagi ketengah lapangan dan kembali keposisi awal seperti menjadi spiker atau tosser.


2. Spiker atau Smasher


Posisi spiker atau smasher ini berada di samping tosser. Dengan posisinya yang berada di depan, spiker ini juga memiliki tugas yang sama seperti tosser yaitu melakukan blok bola atau membendung bola dari serangan lawan.posisi ini sangat menentukan untuk tim untuk mendapatkan poin,

Tugasnya adalah untuk melakukan serangan dengan smash, smash yang baik akan membuat bola masuk ke daerah lawan sehingga tim memperoleh poin. Setelah melakukan smash posisi pemain smasher ini juga berfungsi sebagai blocker untuk menghadang serangan lawan.Smash adalah pukulan keras yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan pemain lawan tidak dapat menerima bola dan bola jatuh ke daerah lawan.

Jadi di posisi spiker, pemain ini memiliki tugas ganda yaitu sebagai pertahanan sekaligus penyerang.


3. Tosser atau set-upper


Set-Upper atau Tosser adalah posisi pemain sebagai pengatur serangan dan pengumpan bola kepada smasher, tugas dari seorang tosser adalah memberikan umpan yang baik kepada smasher agar diperoleh pukulan yang baik. Untuk menduduki posisi tosser, pemain harus dapat memberikan umpan yang baik kepada temannya. Jika umpan yang diberikan baik maka serangan yang akan dilakukan oleh teman akan baik dan juga ampuh.


4. Defeder/libero



Libero atau Defender adalah posisi pemain bola voli yang berfungsi sebagai pemain bertahan, pada posisi ini sang pemain harus tahu arah datangnya serangan lawan. libero bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari musuh. Selain itu posisi libero juga berkewajiban untuk menerima bola pertama untuk diberikan kepada tosser. Pemain yang menempati posisi libero harus benar-benar menguasai passing atas dan passing bawah. Posisi liberi bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash.


Macam macam posisi pemain bola voli berserta gambar dan tugasnya di atas semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda tentang bola voli,



Penelusuran yang terkait dengan Macam macam posisi pemain Bola Voli

0 Response to "Pengertian | Macam macam posisi pemain Bola Voli + Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel